Sabtu, 30 Maret 2013

Create Screen Cast from Terminal using FFMPEG

Halah! biasanya saya menggunakan bahasa Java untuk mengisi waktu luang dengan bikin artikel disini. Ya sudahlah, itu hanya sekedar judulnya aja yang pakai bahasa London.

Jadi untuk rekan-rekan yang terbiasa narsis, yang istilah lainnya adalah menggunakan media Interaktif untuk kegiatan Sosialisasi atau Mengajar menggunakan bantuan Audio Visual, bisa dengan mudah menggunakan Terminal untuk merekam seluruh kegiatan di Desktop.

Banyak memang aplikasi-aplikasi populer seperti dvr, gtk-recordmydesktop, idjc, istanbul, wink, xvidcap, dan lain sebagainya. :)

Untuk kali ini bisa dibantu oleh paket ffmpeg yang biasanya sudah menjadi paket wajib bagi kita. Jika masih ada yang lupa untuk memasangnya, bisa langsung mengetik sudo apt-get install -y ffmpeg




Jika sudah terpasang, mari mulai untuk merekam dengan mantera:

ffmpeg -f x11grab -s wxga -r 25 -i :0.0 -sameq namarekamandisini.mpg

Apakah bisa dengan suaranya sekalian? Tentunya bisa, namun menurut saya lebih baik untuk Suara bisa di edit lebih lanjut menggunakan aplikasi Video Editor lainnya. Hal ini untuk menghindari mengulang-mengulang kegiatan Rekam Desktop yang sangat mungkin terjadi.

Contohnya ketika merekam langsung dengan suara, lalu tiba-tiba bersin atau kentut, maka suara-suara aneh itu tidak akan terdengar, dan kegiatan merekam bisa terus berlanjut. :P

reff:
http://verb3k.wordpress...how-to-do-proper-screencasts-on-linux
http://blog.devinrkennedy...live-screencasting-using-ffmpeg